Cara Bodoh Mengkompres File PDF

Wah sudah lama banget saya gak posting blog sama sekali....hehehe....
Ok lah untuk mengobati kerinduan saya ngeblog, kali ini saya mau ngasih sedikit tips mengenai cara mengompres file pdf yang berukuran besar (sampai ratusan megabyte). Cara ini saya pakai waktu saya ingin mengupload sebuah file pdf yang berukuran 100Mb lebih, mungkin karena gambarnya banyak dan dibuat dengan adobe indesign+photoshop kali ya jadi segede itu. Males banget deh upload file segitu gede....:)


Saya coba berbagai cara dan berbagai software, namun hasilnya gak memuaskan buanget....ukuran file pdfnya cuma berkurang dikit.....
Akhirnya saya iseng-iseng nyoba cara ini, agak nyeleneh sih, namun hasilnya memuaskan lah....file pdf yang berukuran 100Mb lebih tadi cuma jadi 18Mb saja.....lumayan....:D

Mau tau caranya? Cekidot.....

Tips ini menggunakan penggabungan antara konversi pdf ke word dan word ke pdf..

1. Konversi terlebih dahulu file pdf yang besar tadi ke dalam Ms.Word. Untuk mengkongversinya saya anjurkan menggunakan Very Pdf2word Full Version (saya pakai versi 3.0), karena sudah terbukti ampuh mengconvert file yang ukurannya gede. Softwarenya bisa di download disini (Didalamnya sudah disertakan serial numbernya).

Cara Pakai Very Pdf
  • Insstal Aplikasi Very Pdf dan jalankan. Lalu pilih file -> Open -> Pilih file pdf yang mau di konversi ke word -> Klik Open.
  • Setelah itu akan muncul tampilan seperti gambar dibawah. Disini kamu bisa mengatur sesuai keinginan kamu, kalo saya sih langsung di OK aja biar gak ribet...hehehe....
  • Lalu kamu pilih save -> beri nama file word kamu -> Klik Save lagi, nah kamu tinggal tunggu aja prosesnya, selesai deh....:)
2. Kamu konversi kembali hasil file word yang tadi ke dalam bentuk Pdf lagi, kamu bisa pakai cara saya yang dahulu pernah saya sharekan yaitu Bikin file Pdf langsung dari Word 2007


3. Selesai deh...


Gimana pendapat kamu? Bener kan caranya agak nyeleneh.....cuma bolak balik gitu doang.....hehehe....

0 komentar: