Software Portable

Software portable akhir-akhir ini sangat di minati oleh para pengguna komputer karena selain ukuran data yang lebih kecil dari pada software aslinya juga lebih mudah untuk di bawa kemana mana baik dalam bentuk USB flash drive, sd card, dan media penyimpanan sejenisnya. selain itu software portable ini tidak perlu melalui proses installasi sehingga lebih mudah di gunakan dan gak perlu ribet.


Ragam software portable
Ada bermacam-macam software portable yang sudah beredar selama ini. Mulai dari aplikasi sederhana untuk membaca file PDF, internet browser, hingga pengolah kata dan anti virus. Contoh software portable ini di antaranya adalah Mozilla Firefox & Thunderbird, Pidgin, FileZilla, Open Office, 7 Zip, Clamwin AV, dan masih banyak lagi.


Apakah software portable itu legal?
Pada umumnya software portable yang tersedia di internet memang berasal dari aplikasi yang sudah dikenal sehari-hari dan didistribusikan secara gratis (freeware). Tapi makin lama makin banyak pula bermunculan software aplikasi yang sehari-harinya adalah program berbayar, tapi oleh pihak-pihak tertentu dimodifikasi sedemikian rupa menjadi software portable dan dari Trial diubah menjadi Pro. Jadi intinya software portable ada yang legal ada juga yang bajakan. Namun menurut hemat saya, selama itu ga digunakan untuk keperluan komersil atau tidak untuk disebarluaskan ke umum lagi sih ga masalah lah....:)

Nah, sekarang bagaimana cara merubah software yang sudah ada menjadi portable?
Ok, saya akan jawab dengan singkat dan jelas. Jawabannya adalah "Wani Piro?".....hehehe....
Just kidding....wong saya sendiri hanya penikmat kok, jadi ngapain pusing-pusing mikirin cara bikinnya. Yang penting tinggal nerapin 4 langkah mudah aja : nyari, download, simpen, pakai deh....:D




Sumber : Disarikan dari berbagai sumber.

0 komentar: