Membackup Bookmark Di Mozilla Firefox 4

Mozilla Fifrefox adalah salah satu browser yang cukup populer dan berkembang dengan pesat. Belum lama merilis versi final, hanya jeda beberapa saat sudah mengeluarkan versi terbarunya lagi (Biasanya versi Betanya dulu). Versi terakhir yang sekarang adalah Mozilla Firefox 5.0 Beta 2. Namun saat ini kita tidak membahas versi itu, kita bahas versi 4 saja, karena versi 5 belum Final Version.


Permasalahan sering muncul ketika kita mengupdate Firefox, salah satunya hilangnya beberapa situs dan password yang sudah kita Bookmark/Simpan. Walaupun Firefox bisa mengupdate otomatis tanpa menghilangkan Bookmarknya, tetap saja ada yang kecolongan. Wahhh....nyesek banget tuh, apa lagi jika Bookmark kita sudah bejibun...(hal ini pernah saya alami sendiri). Cara untuk mengantisipasi hal itu tidak terjadi adalah kita harus membackup bookmark tersebut.



Bagaimana cara backupnya?
  1. Pilih menu bookmark yang ada di bagian atas browser.
  2. Klik Show All Bookmark, maka akan muncul Tab Library.
  3. Pilih Import and Backup.
  4. Klik Backup atau Export HTML, gunanya sama saja kok. Bedanya jika kita pilih Backup file yang kita download berformat JSON, kalo kita pilih Export HTML formatnya ya HTML Tapi saran saya sih pilih Export HTML saja, agar mudah untuk mengimportnya kembali kelak.
  5. Klik Save untuk mendownload atau mensave semua bookmark kita.
  6. Selesai deh... 

Bagaimana untuk memasukkan bookmark yang sudah kita download?
  • Gampang...ikuti langkah-langkah dari nomor 1 sampai 3 seperti yang diatas.
  • Pilih Import HTML
  • Pilih From An HTML File
  • Cari dan Masukkan file bookmark yang sudah kita simpan/download.
  • Klik Open
  • Selesai deh...

(Maaf tidak ada screenshotnya, soalnya belum sempat bikin...hehehe...)


Semoga Bermanfaat.

0 komentar: